Psychology For Us

Senin, 24 Oktober 2011

Dalam pembahasan mendasar tentang manfaat psikologi begitu kompleks bagi masyarakat kita karena kurangnya pemahaman dan pengetahuan. Psikologi dianggap angker karena ilmunya yang menyangkut hal hal bersifat kejiwaan,orang yang kurang waras dalam tanda kutip orang gila dan orang yang mau mengurusi orang gila hanya orang yang menyadari kegilaanya. kekurang fahaman mereka ini diakibatkan karena kurangnya kevalidan informasi yang mereka dapat, yang awalnya kabar pentafsiran sementara dari golongan orang yang kurang faham betul tentang psikologi mempengaruhi pandangan masyarakat n yang jupa bingung dengan eksistensi ilmu ini bagi kehidupan mereka. pemahaman yang salah ini perlu kita sosialisasikan. kenapa demikian, karena psikologi hakekatnya untuk manusia juga.

Ketabuan ini tidak bisa kita biarkan berlarut-larut perlu adanya penjembatan khusus untuk menjelaskan manfaat dan hakekat psikologi bagi manusia. khususnya masyarakat desa yang kurang akan informasi dan pemahaman, masyarakat desa yang masih tradisional dan masih ada unsur animisme di kehidupanya membuat masyarakat merasa kurang nyaman dengan berkembangnya ilmu ini. biasanya mereka enggan untuk merubah tradisi yang sudah ada karena ketabuan ilmu psikologi ini juga tidak sesuai dengan kebudayaan mereka. pemikiran ini mesti kita perlebar sebagai generasi muda yang mendalami dunia tentang kejiwaan yang menyadari bahwa ilmu psikologi ini memiliki manfaat positif yang begitu banyak bagi manusia,karena memang hakekatnya ilmu ini untuk membantu manusia sekitar. dengan berjalannya waktu telah banyak seminar-seminar dan karyaloka yang mau menyangkutkan pemikiran tentang wajah psikologi sesungguhnya,disini masyarakat merasa mendapatkan transfer ilmu secara langsung sehingga mereka tidak merasa tabu lagi dengan eksistensi ilmu psikologi. intinya kebiasaan atau sesuatu yang dibiasakan maka lama-lama akan dianggap keberadaanya.

Kini universitas-universitas juga telah menunjukkan eksistensi mereka dibidang psikologi,dengan membangun tempat-tempat tersendiri untuk pembangunan dan pengembangan. fenomena ini tak luput dari antusias masyarakat yang begitu besar, buktinya banyak calon mahasiswa yang menjadikan psikologi pilihan utama program studi untuk meneruskan jenjang keperguruan tinggi. ini menunjukkan bahwa psikologi mulai diterima dan di implementasikan bagi kehidupan masyarakat,. kini psikologi menjadi cabang ilmu yang cukup diperhitungkan bagi banyak orang karena manfaatnya yang begitu besar bagi kehidupan manusia.

Kita sebagai generasi muda yang juga mendalami ilmu,entah apapun cabang-cabang ilmu yang kalian anut, mari satukan hati kita majukan pengetahuan luas dan terbuka akan adanya informasi-informasi yang akan membuat kita menjadi manusia yang madani.

0 komentar:

Posting Komentar